Prospek Usaha Budidaya Ayam Cemani Masih Menggiurkan

Prospek Usaha Budidaya atau Beternak Ayam Cemani Masih Bagus dan Menggiurkan. Salam Ternak, setelah membaca artikel saya tentang Asal-usul Ayam Cemani. Tak lengkap rasanya jika sobat ternak belum melirik peluang usaha atau Prospek usaha budidaya Ayam Cemani. Pernah dengar gak kabar ini? Bahwa “Menurut salah satu majalah dari Amerika Serikat, Phoenix New Times, terdapat sebuah berita mengenai penjualan ayam potong termahal di dunia dengan nilai transaksi mencapai US $ 2,500 atau kita kurs kan ke nilai rupiah saat ini sekitar  30 jutaan lah. Ayam ini diakui berasal dari Jawa (ayam cemani, red) dan di Amerika sendiri jenis ayam yang satu ini belum banyak yang membudidayakannya. Saat ini permintaan ayam cemani di pasar Amerika masih terbatas pada kalangan perhotelan dengan hidangan super mahalnya”. Itu di Negara luar, lalu bagaimana prospek usahanya di Indonesia?
prospek usaha budidaya dan ternak ayam cemani masih bagus dan menggiurkan karena harganya yang relatif tinggi dari pada beberapa ayam jenis lain
Ayam Cemani

Sedikit cerita dari pengalaman ane, tahun lalu 2013 ane memang sengaja membuat perbandingan secara serempak antara budidaya ayam cemani, ayam bangkok, bebek pedaging, semut kroto, dan ulat hongkong. Hehe… banyak amat, iya sih… soalnya ane penasaran banget pengen nyobain sensasi budidaya banyak hewan. Sampai rumah ane jadi suaka marga satwa. Dari sekian budidaya aneka hewan tersebut ternyata ane gagal di semut kroto, yang berarti budidaya yang lain sesuai yang diharapkan dapat membuahkan hasil. Setelah itu barulah ane itung-itungan soalnya modal juga pas-pasan sob. Dari situlah ane ambil satu kesimpulan bahwa budidaya ayam cemani cukup menguntungkan. Beberapa alasan ane sehingga memilih budidaya ayam cemani diantaranya adalah :

·      Modal Ringan
Modal yang tidak terlalu besar untuk memulai usaha budidaya. Ane katakan begitu karena saat pertama kali serius memilih budidaya ayam cemani ane belum punya kandang khusus. Waktu itu ane hanya memanfaatkan belakang rumah untuk dijadikan kandang jadi ayamnya juga liar bisa pergi kemana-mana. Jadi modal awal hanya ane gunakan untuk membeli induk Ayam Cemani.

·      Perawatan Mudah
Perawatan Ayam cemani juga tidak ribet. Cukup kasih pakan 2x sehari, vaksin, dan jaga kebersihan kandang. Tidak seribet merawat ayam bangkok (aduan) yang dari kecil harus di ini dan itu, ketika sudah jago juga pakannya harus khusus, rajin mandiin ayamnya juga kalo pengen hasilnya bagus.
Yang terpenting dalam merawat ayam cemani tuh kebutuhan gizi ayam terpenuhi disamping lokasi kandang dan sekitarnya juga harus steril, sehingga induk ayam akan dengan senang hati bertelur, dan menetas. Untuk anakan ayamnya sendiri perawatannya juga mudah. Setelah ayam yang di-eram induk menetas, segera pindahkan pada box khusus (pake kardus juga bisa, ngirit) dan dikasih lampu selama kurang lebih 25 hari. Selama itu pula sobat ternak bisa kasih pakan anakan tersebut dengan pakan pabrik (misal : BR, 511, dll)   

·      Pemasaran Luas
Sobat ternak bisa memasarkan anakan ayam cemani secara langsung atau memanfaatkan situs-situs pengiklanan gratis seperti berniaga.com, olx.co.id, bukalapak.com, dan situs sejenis lainnya. Karena di beberapa daerah masih banyak permintaan ayam cemani.

Sudahkah sobat berminat memulai usaha ini? Jika belum nih ane itungin Modal Awal buat mulai berternak Ayam Cemani dengan catatan sobat uda punya kandang :

Modal Awal
  1. Induk Ayam Cemani (sepasang)            : Rp. 1.500.000 (bisa hubungi ane) 
  2. Pakan Induk (selama 2 bulan)               : Rp.      60.000 (4 kg pakan pabrik 8 kg bekatul) Jumlah                                                  : Rp. 1.560.000
Misal Induk Ayam yang sobat piara dalam 2 bulan sudah menghasilkan anakan. Ane ambil contoh jika induk bertelur 10 butir dan yang menetas 80% (6 butir) maka sekarang sobat punya 8 ekor anakan ayam cemani. Untuk jumlah segitu dalam sebulan sobat gak perlu mengeluarkan biaya perawatan lebih dari Rp. 60.000.

Hasil Penjualan
Memang belum ada patokan harga yang pasti untuk ayam cemani umur sebulan. Tapi harga ini sangat bervariasi dan di kota-kota tertentu harganya masih tinggi. Misalkan sobat laku jual dengan harga Rp. 100.000 per ekor maka total penjualan Rp. 800.000. jadi 2x peranakan sobat sudah bisa balik modal. Itu pun semisal hanya 80% yang menetas, kalo 90% atau 100% yang menetas laen lagi ceritannya.

Mungkin sekian dulu artikel tentang Prospek Usaha Budidaya Ayam Cemani. Tunggu Artikel selanjutnya. Salam Ternak

Baca Artikel Terkait :
Kata Kunci :
prospek usaha budidaya ayam cemani masih menggiurkan, prospek usaha budidaya ayam cemani, prospek usaha beternak ayam cemani, peluang usaha budidaya ayam cemani, peluang usaha beternak ayam cemani.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Prospek Usaha Budidaya Ayam Cemani Masih Menggiurkan"

  1. Assalamualaikum
    Saya tertarik untuk ikut berternak ayam cemani pak. Gimana caranya agar saya bisa mendapatkan induk cemani yang asli? Berapa harga +ongkir ke Kediri jatim.
    Boleh tahu dimana alamat bapak?

    Terima kasih banyak atas bantuannya.
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi Wabarakatuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam...
      Bapak bisa hubungi saya di nomor hp 085729254574 untuk bertanya informasi lebih lanjut. Saya di Temanggung Jateng Pak.

      Delete