4 Jenis Ayam Hutan Langka

Jenis Ayam Hutan. Salam budidaya, setelah kita bahas mengenai ayam cemani, ayam kapas, ayam bangkok, ayam ketawa, ayam pelung, ayam batik dan ayam orpington pada artikel sebelumnya. Hari ini saya akan mengulas sedikit  informasai tentang  jenis-jenis ayam hutan yang bisa dibilang langka untuk saat ini. Ayam hutan adalah nama umum bagi jenis-jenis ayam liar yang hidup di hutan. Dalam bahasa jawa disebut dengan Ayam Alas (pithek alas), di Sunda dikenal dengan ayam canghenger atau ayam cangehger orang Madura menyebutnya Ajem Alas, sedangkan dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah Junglefowl. Meskipun berbeda istilah akan tetapi semuanya merujuk pada satu hal yaitu tempat hidup dan sifatnya yang liar.

Dalam penyebebaranya, terdapat 4 jenis spesies ayam hutan yang berada mulai dari India, Sri lanka sampai kawasan Asia Tenggara termasuk Kepulauan Nusantara, antara lain :
1.      Ayam hutan merah (gallus gallus)
Ayam hutan merah merupakan ayam hutan sejenis burung berukuran sedang, dengan panjang sekitarn78cm, dari suku phasianidae. Biasanya ukuran ayam betina lebih kecil, dengan panjang sekitar 46cm. (baca; ayam hutan merah)

Ayam Hutan Merah
Ayam Hutan Merah Bertengger
Ayam Hutan Merah Berkokok di Atas Pohon
Ayam Hutan Merah Terbang
Ayam Hutan Merah Mencari Makan
Ayam Hutan Merah Betina


2.      Ayam hutan hijau (gallus Varius Green Junglefowl)
Ayam hutan hijau  merupakan nama ayam hutan sejenis burung yang termasuk kedalam kelompok unggas dari suku phasianidae, masih satu keluarga dengan ayam, puyuh, merak, dan sempidan. Ayam hutan diyakini sebagai nenek moyang dari berbagai ayam peliharaan (ayam lokal) yang ada di Nusantara. Ayam yang berukuran besar, panjang tubuh total sekitar 60 cm untuk ayam jantan, dan 42 cm untuk ayam betina.(baca; ayam hutan hijau)


Ayam Hutan Hijau Bertengger
Ayam Hutan Hijau
Green Jungle Folw

 3.      Ayam hutan kelabu (Gallus sonneratii)
Ayam hutan kelabu adalah salah satu dari empat spesies ayam hutan langka dari suku phasianidae yang mempunyai ukuran yang sedang dengan panjang sekitar 80 cm,. Ayam betina berukuran lebih kecil dengan panjang sekitar 38 cm.(baca; ayam hutan kelabu)

Ayam Hutan Kelabu
Ayam Hutan Kelabu Betina
Sepasang Ayam Hutan Kelabu
4.      Ayam hutan Sri lanka (Gallus Lafayetii Sri Lanka junglefowl)
Ayam hutan Sri Lanka juga sering kita kenal dengan sebutan Ayam Hutan Ceylon merupakan salah satu dari empat jenis spesies ayam hutan langka yang menetap di daerah Sri Lanka. Hewan ini menjadi burung kebangsaan bagi warga negara Sri Lanka. Ayam ini memiliki ukuran panjang sekitar 66-73 cm. Selain itu, Ayam hutan jenis ini masih mempunyai hubungan erat dengan ayam hutan merah (Gallus gallus Red junglefowl), yakni ayam hutan liar yang diyakini menjadi nenek moyang bagi ayam peliharaan pada saat ini.(baca; ayam hutan Sri Lanka)

Ayam Hutan Sri Lanka

Ayam Hutan Sri Lanka Betina

Ayam Hutan Sri Lanka (Ceylon)

Oke sahabat budidaya, sekita artikel tentang 4 Jenis Ayam Hutan Lanka. Budidayakan dan lindungi yang ada di alam agar keberadaannya tetap terjaga. Semoga bermanfaat.

Kata kunci yang sering dicari :
4 jenis ayam hutan lanka, ayam hutan langka, jenis-jenis ayam hutan,ayam hutan, ayam alas, pithek alas, ayam canghenger, ayam cangehger, ajem alas, jungefowl budidaya ayam alas, beternak ayam alas, cara memelihara ayam alas, ayam hutan merah, red jungle fowl, ayam hutan hijau, green jungle folw, ayam hutan kelabu, grey jungle fowl, sri lanka jungle fowl.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Jenis Ayam Hutan Langka"

Post a Comment