Ayam Bekisar

Ayam Bekisar, mungkin bagi kolektor ayam hias, unggas yang satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga anda bukan? Ayam bekisar merupakan species ayam yang dihasilkan dari perkawinan silang anatara ayam hutan hijau jantan (Gallus varius) dan ayam kampung atau ayam buras betina (Gallus gallus domesticus). Jika dilihat secara fisik ayam bekisar ini biasanya memiliki ukuran tubuh lebih kecil dibandingkan ukuran ayam kampung jantan, namun ayam ini warna bulunya lebih indah yakni berwarna hitam kehijauan dan mengkilap, serta mempunyai suara yang halus berirama sangat khas yaitu tersusun dari dua nada. 

Ayam Bekisar

Ayam bekisar mempunyai delapan warna dasar yaitu hitam, putih, merah, kuning, wido, kelabu, blorok, dan jail.  Salah satu propinsi di Negara kita yaitu propinsi Jawa Timur, Ayam bekisar menjadi lambang fauna atau mascot dari propinsi tersebut. Karena pada awalnya, ayam bekisar berasal dari Pulau kecil di sebelah Timur Madura, Jawa, Bali, dan Wilayah Kabupaten Sumenep. Kemudian spesiesnya menyebar di seluruh pulau Madura, Bali dan Wilayah Lombok, Komodo, Flores. Saat ini anda bisa menjumpai ayam bekisar di berbagai daerah Nusantara, akan tetapi di daerah Jawa Timurlah yang paling banyak.

Jenis Ayam bekisar
Beberapa jenis ayam bekisar ada tiga diantaranya yaitu :
1.    Gallus aenus yang berjengger bergerigi delapan kecil, pial berukuran sedang, warna bulu pada lapisan atas berwarna ungu dengan plisir kuning emas.
2.    Gallus temmainickii memiliki jengger bergerigi enam, pial berwarna jambu,mempunyai warna  bulu yang berwarna  merah mengkilap dan berplisir merah kecoklatan.
3.    Galus violaceus dengan jengger bergerigi bagus, mempunyai pial dengan ukuran sedang , warna bulunya ungu dengan permukaan yang halus.

Macam Ayam bekisar
Berdasarkan macamnya (keindahanya) ayam bekisar dibagi menjadi 4 macam, antara lain :

1.   Ayam bekisar Putih (yogyakarta), berwarna putih mulai dari paruh, hingga telapak kaki kecuali jengger, pial, dan cuping berwarna merah.
2.     Ayam bekisar Multiwarna (solo), kaya akan warna dan suaranya sangat nyaring dengan ujung suara meninggi, ukuran tubuh sedang. Ayam bekisar multiwarna mempunyai bulu warna – warni dengan bulu leher, bulu pelana, dan bulu hias berwarna merah menyala.
3.   Ayam bekisar Kangean (Madura), dibentuk dari induk betina berbulu satu macam misalnya hitam, merah, putih, kuning, dan abu – abu.
4.      Ayam bekisar Hitam (Parakan, Temanggung), perkawinan silang dengan ayam kedu Hitam betina atau cemani. Bentuk tubuh tinggi, besar, tegap dan berbulu hitam

Ayam bekisar termasuk salah satu ayam hias yang menampilkan suara kokok yang khas. Namun ayam ini termasuk salah satu unggas yang sangat rentan dan mudah mengalami stress maupun mati, berbeda dengan ayam kampung atau buras lainnya. Sehingga populasi ayam tersebut semakin berkurang dari waktu ke waktu. Tidak heran jika sampai saat ini banyak pihak yang berlomba untuk mencoba mencari persilangan genetic ayam bekisar yang terbaik. 

Ayam Bekisar Hitam (Bekisar Cemani)

Karena beberapa faktor penghambat tersebut, sampai sekarang keberadaan ayam bekisar masih bisa di bilang langka. Untuk menanggulangi masalah kelangkaan ini, banyak orang yang mencoba menangkarkan ayam bekisar tersebut dengan cara mengawinkan silang kemudian dengan mengeramkan telur ayam bekisar tersebut pada ayam betina kampung atau ayam buras. begitu telur menetas (Doc) langsung dipisahkan dengan induknya. Dengan begitu populasi ayam bekisar akan berkembang lebih cepat. 

Ayam Bekisar Kuning

Satu hal yang perlu diperhatikan, karena ayam bekisar dihasilakan dari perkawinan silang antara dua jenis ayam yang berbeda, biasanya terdapat ayam yang mandul. Tetapi, tidak semuanya begitu. Banyak juga ayam bekisar baik jantan atau betina yang menghasilkan keturunan jika dikawinkan dengan ayam kampung biasa.
Ayam Bekisar Putih

Karakteristik Khusus Ayam bekisar
Ayam bekisar mempunyai karakteristik khusus, yang paling menonjol adalah :
      1.      bulu pada bagian leher ujungnya berbentuk bulat atau lonjong bukan lancip,
      2.      bisa menghasilkan telur 4 -8 butir per tahun, berat telur berkisar antara 60 garm per butir,
     3.    Bobot dewasa baik jantan dan betina 1,5 – 2,5 Kg. Jika dibandingkan dengan ayam jago biasa, maka akan sangat telihat jelas perbedaanya.
     4.      Bentuk ayam yang mirip sekali dengan bekisar merupakan perkawinan silang ayam bekisar dengan ayam kampung yang dinamakan ayam bekikuk. Bentuk dan posturnya sama, hanya kadang-kadang pial dan bulu lehernya yang berbeda. 

Ayam Bekisar Multiwarna

Sekian artikel tentang Ayam bekisar. Semoga informasi yang saya sajikan di atas bermanfaat dan  semakin menambah wawasan, ilmu pengetahuan khususnya bagi kolektor ayam bekisar atau pembaca pada umumnya. (Baca : ayam cemani, ayam batik, ayam orpington)

Kata kunci yang sering dicari :
Ayam bekisar, macam-macam ayam bekisar, jenis-jenis ayam bekisar, asal ayam bekisar, cara memelihara ayam bekisar, cara mengawin silang ayam bekisar, budidaya ayam bekisar, beternak ayam bekisar, cirri khusus ayam bekisar, karakteristik ayam bekisar,ayam bekisar putih, ayam bekisar multiwarna, ayam bekisar kangean, ayam bekisar hitam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ayam Bekisar"

Post a Comment