Pusat informasi prospek usaha dan cara budidaya di bidang peternakan, perikanan, dan pertanian

Ayam Kapas

Ayam Kapas merupakan salah satu jenis ayam hias yang berasal dari negeri China. Berdasarkan sejarah yang ada Marcopolo mengenalkan Ayam kapas putih ini hingga ke negara-negara Eropa dan juga diperdagangkan melalui jalur sutra. Saat ini ayam kapas menjadi salah satu ayam hias yang digemari banyak orang di Indonesia karena keunikan yang dimilikinya. Berikut ini saya paparkan sekilas tentang ayam kapas.

Ciri-ciri Ayam Kapas
Sesuai dengan namanya Ayam kapas memiliki bulu yang nampak seperti kapas atau sutra. Warna bulu ayam kapas yang paling banyak dikenal adalah putih meski ada juga warna coklat merah abu-abu, biru, blorok, partridge, burik, hitam, dan lain sebagainya. Banyaknya warna ini merupakan hasil silangan dengan beberapa jenis ayam lain. Ayam kapas yang berwarna hitam umumnya mempunyai daging dan tulang yang berwarna hitam juga. Anda pasti akan heran ketika melihat jari ayam kapas, tidak seperti jari ayam pada umumnya. Ayam dari negeri Cina ini mempunyai 5 jari disetiap kakinya. 
ayam kapas putih, jenis ayam kapas, budidaya ayam kapas, beternak ayam kapas
Ayam Kapas Putih

Ciri-ciri lain dari Ayam kapas adalah bentuk jengger yang menyerupai bunga mawar atau rose dengan warna jengger merah ataupun biru kehitaman. Pialnya besar dan terdiri dari beberapa baris pial yang bergerigi. Beberapa ayam kapas memiliki jambul dibelakang pial. 

Beberapa peternak ayam kapas menyatakan bahwa seekor induk ayam kapas mampu memproduksi telur cukup banyak. Induk yang produktif menghasilkan sekitar 200 butir telur pertahunnya. Sehingga selain sebagai ayam hias ayam unik ini juga dapat dipertimbangkan untuk dijadikan sebagai ayam petelur. 

Cara Memelihara dan Budidaya Ayam Kapas
Cara memelihara ayam kapas tidaklah sulit. Sama halnya dengan memelihara ayam kampong, ayam kapas ini bisa dipelihara di dalam kandang atau diumbar (dilepas pada kandang pagar keliling). Anda cukup memberi pakan biji-bijian seperti gabah, jagung, beras merah, ataupun diberi pakan katul/dedak. 
Ayam Kapas
Untuk membudidayakan ayam kapas anda bisa menggunakan perbandingan 1 Jantan : 4 Betina. Jika anda ingin bereksperimen dengan cara mengawin silangkan ayam kapas dengan jenis ayam yang lain maka ayam kapas bisa dijadikan Pejantan sedangkan induk betinanya dari jenis ayam yang lain.

Oke, gimana sahabat ternak, berminat memelihara Ayam Kapas?. Semoga artikel tentang Ayam Kapas ini menambah wawasan bagi para pembaca.

Baca Artikel Terkait :
Kata Kunci yang sering  dicari :
Ayam kapas, ciri-ciri ayam kapas, khasiat ayam kapas, kegunaan ayam kapas, asal ayam kapas, sejarah ayam kapas, budidaya ayam kapas, cara budidaya ayam kapas, ternak ayam kapas, cara beternak ayam kapas, prospek usaha budidaya ayam kapas, harga ayam kapas, perbandingan induk jantan dan betina ayam kapas.
0 Komentar untuk "Ayam Kapas"

Back To Top