Ayam Orpington

Ayam Orpington adalah ayam yang berasal dari Negara bagian Orpington (Inggris). Ayam Orpington dihasilkan dari perkawinan silang antara ayam minorica pejantan dengan ayam black Plymouth rock. Yang kemudian menghasilkan variates baru yang lalu dikawinsilangkan lagi dengan ayam langsha, Tujuannya adalah agar dapat menghasilkan bibit ayam yang mempunyai kualitas unggul yaitu pertumbuhan ayam lebih cepat dan mampu menghasilkan produksi telur yang lebih banyak.

Dari beberapa Varietas yang dihasilkan dari  perkawianan silang tersebut diantaranya adalah Black Orpington, White Orpington, Buff Orpington, dan Spangled dengan warna bulu yang berbeda dan beragam jenisnya. Tidak hanya itu saja, varietas Buff Orpington juga tidak kalah uniknya kalau dibandingkan dengan varietas lainnya. Hal ini karena kualitas ayam dan bulunya yang tidak kalah bagus dengan varietas lain.


Buff Orpington
Black Orpington


White Orpington

Spangled
Keberadaan Ayam ini cukup memikat wisatwan asing mancanegara untuk dapat memiliki ayam tersebut. Selain di Inggris, ayam ini juga dibawa sampai ke Amerika guna untuk dilakukan penangkaran. Hasilnya, ayam tersebut dapat beradaptasi dengan baik dan mampu berkembang biak dengan cepat. Hal ini salah satunya karena perawatanya yang relatif mudah  seperti ayam kampung biasa pada umumnya.

Kelebihan  dari Ayam Orpington
Mempunyai tingat pertumbuhan yang lebih cepat daripada ayam kampung biasa pada umumnya, yang lebih mengesankan adalah ayam jenis ini dapat memproduksi banyak telur. Ayam Orpington termasuk kedalam kategori tipe ayam dwiguna. Karakteristik ayam tersebut lebih  cenderung tenang dan tidak agresif tidak seperti ayam kampung.

Sekarang ayam tersebut menjadi lebih terkenal dan cukup banyak peminatnya sampai saat ini. Keberadaan ayam tersebut  masih di buru oleh para kolektor khususnya indonesia. Karena ayam ini dirasa cukup unik dan memiliki daya  tarik tersendiri untuk dapat dibudidayakan. Menginat karena keberadannya yang semakin terus berkurang dari tahun - ketahun sehingga populasi ayam tersebut dapat dibilang hampir punah.

Karakteristik Ayam Orpington
§  Warna bulu putih, hitam, biru, buff, dan splash
§  Memiliki Sisir  tunggal
§  Telur berwarna coklat
§  Bulunya halus dan lebat yang hampir menutupi kakinya
§  Bisa menghasilkan telur kurang lebih 340 butir per/ tahun
§  Untuk Bobot Pejantan dewasa bisa mencapai 4,5 Kg,
§  Sedangkan bobot untuk yang betina dewasa bisa mencapai 3,6 - 4 Kg

Bagi anda para kolektor dan penyelamat varietas ayam. Ayam Orpington mungkin bisa dimasukkan ke dalam salah satu daftar koleksi ayam anda, Sekian artikel tentang Ayam Orpington. Baca juga (ayam cemani, ayam kapas, ayam bangkok, ayam ketawa, ayam pelung). Semoga bermanfaat.


Kata kunci yang sering dicari:
Ayam orpington, asal ayam orpington, sejarah ayam orpington, karakteristik ayam orpington, jenis-jenis ayam orpington, cara budidaya ayam orpington, cara merawat ayam orpington, cara membuat penangkaran ayam orpington. Macam-macam ayam orpington.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ayam Orpington"

Post a Comment