Ayam Pelung

Ayam pelung merupakan ras ayam lokal unggul yang berasal dari daerah Cianjur  Jawa Barat, salah satu jenis ayam yang memang benar-benar asli dari Indonesia. Meskipun ayam ini secara umum mirip dengan ayam kampung biasa  tetapi bisa dilihat secara langsung bahwa ayam pelung memiliki perbedaan dengan ayam kampung lainnya yaitu ayam pelung memiliki bentuk badan yang lebih besar dengan pial dan jengger yang besar menjadi ciri khas utama ayam pelung.
Ayam Pelung

Ayam Pelung Jantan Asli Indonesia
 Selain itu ayam pelung mempunyai ciri atau karakteristik yang lain yaitu pertama dari suara berkokok yang panjang mengalun dan bersih berbeda  dari pada ayam kampung biasa. Kedua pertumbuhanya relatif lebih cepat dari pada ayam kampung biasa. Ketiga ukuran postur badanya  ayam ini relative besar dengan bulu yang berkilau. Tidak ada standar yang khusus untuk fisik, tetapi ada standar alunan suara kokoknya. Bobot ayam pelung jantan bisa mencapai 5 – 6 kg dengan tingggi antara 40 sampai 50 cm.

Menurut cerita masyarakat ayam pelung sudah ada sejak pertengahan abad ke-18 di Desa Bunikasih kecamatan Warungkondang Cianjur waktu itu  ada seorang kyai  dan petani yang bernama Raden Haji Djarkasih atau Mama Acih menemukan anak ayam  jantan di kebunnya. Setelah dipelihara Raden Djarkasih membudidayakan ayam tersebut dan mengkawin silangkannya dengan ayam betina biasa. Anak ayam hasil silangan ini kemudian dikenal dengan sebutan ayam pelung. Ayam pelung yang dimiliki Raden  Djarkasih mempumyai bunyi kokok yang mengalun lebih nyaring, panjang dan  berirama. Saat sedang berkokok, leher ayam jantan akan melengkung dengan posisi sampai ke bawah. Sehingga tidak mengherankan kalau tersebut volume suara yang dihasilkan ayam pelung lebih besar dan panjang. Karena hal tersebut ayam pelung menjadi primadona pada waktu itu. 

Sekarang ayam pelung menjadi semakin tersohor. Tidak hanya orang Indonesia yang menyukai ayam jenis ini, tapi banyak juga peminat dari luar negeri. Pernah, seorang Putra Kaisar yaitu Pangeran Naruhito dari jepang dikenal sebagai pemulia ayam ras, menaruh perhatian terhadap ras ini dan membawa beberapa ekor ke Jepang untuk dikembang biakkan lebih lanjut.  Sang pangeran juga pernah berkunjung ke Warungkondang untuk melihat peternakan ayam pelung tersebut. 

Di daerah asal ayam pelung yaitu Cianjur, setiap tahunya selalu diselenggarakan kontes ayam pelung yang diikuti oleh banyak peserta dari daerah Jawa Barat maupun DKI Jakarta. Harga Ayam pelung biasanya berkisar ratusan ribu rupiah, akan tetapi untuk ayam terbaik yang menjadi juara kontes bisa mencapai Jutaan rupiah.

Kontes Ayam Pelung
Bagi anda para pemburu dan kolektor ayam hias, mungkin ayam yang satu ini dapat dijadikan tambahan untuk dipelihara. Sekian artikel tentang Ayam pelung. Baca juga (ayam cemani, ayam kapas, ayam bangkok, ayam ketawa). Semoga bermanfaat.

Kata kunci yang sering dicari :
Ayam pelung, sejarah ayam pelung, legenda ayam pelung, jenis ayam pelung, jenis-jenis ayam pelung, macam-macam ayam pelung, daerah asal ayam pelung, ayam pelung dari cianjur, budidaya ayam pelung, lomba ayam pelung, kontes ayam pelung, harga ayam pelung, prospek usaha beternak ayam pelung, prospek usaha budidaya ayam pelung.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ayam Pelung"

Post a Comment