Pusat informasi prospek usaha dan cara budidaya di bidang peternakan, perikanan, dan pertanian

Ayam Pheasant

Ayam pheasant bagi sebagian orang mungkin masih terasa asing. Tapi bagi para pecinta ayam hias, Ayam pheasant merupakan salah satu idola yang mungkin sudah menjadi salah satu koleksi dirumahnya. Ayam pheasant adalah ayam hias (dari kelompok burung famili Phasianidae ordo Galliformes) yang berasal dari wilayah otonom Tibet di daratan Cina . Sehingga ayam pheasant juga dikenal dengan nama ayam Tibet, ayam kuau, atau ayam pegar. Jika dilihat secara fisik, ayam pheasant memang memiliki bulu yang indah dengan bentuk tubuh layaknya seekor burung. Tidak mengherankan kalau sebagian orang mengkategorikan ayam ini sebagai burung. 

Ayam Pegar atau Burung pegar adalah nama umum dari ayam pheasant yang umumnya memakan biji-bijian dan beberapa spesiesnya memakan serangga. Jenis ayam yang satu ini memiliki sifat dimorfisme seksual yang kuat, warna spescies jantan lebih kaya warna yang cerah serta memiliki ekor yang lebih besar dan panjang dari betina. Dalam proses perkembang biakkannya, ayam pheasant jantan tidak memliki peran dalam membesarkan Burung pegar muda. Sehingga ayam pheasant betinalah yang merawat anak-anaknya.

Ayam pheasant memiliki 35 spesies dari 11 genera. Spesies ayam ini mulai dikenal di seluruh dunia melalui intoduksi, yaitu usaha sadar atau tidak sadar memasukkan suatu jenis hewan atau tumbuhan ke dalam satu habitat yang baru. Masuknya jenis tersebut bisa melalui alat transportasi antar pulau, akibat adanya hobi atau kegemaran beberapa orang untuk membawa jenis-jenis baru, ataupun sengaja dibiakkan karena alasan praktis seperti penanganan hama penyakit, dan lain-lain.

Beberapa spesies yang popular sebagai hewan peliharaan, antara lain :

http://ayamcemani-kedu.blogspot.com/2015/02/ayam-pheasant.html
Pegar Darah (genus Ithaginis)

 Koklass (genus Pucrasia)

Gallopheasants (genus Lophura)

 Pegar Bertelinga (genus Crossoptilon)

Pegar Ekor Panjang (genus Syrmaticus)

 Pegar (genus Phasianus)

 Pegar Ruffed (genus Chrysolophus)

 Argus Berjambul (genus Rheinartia)


 Argus Besar (genus Argusianus)

Nah oke sahabat pecinta ayam hias, sekian informasi yang dapat saya sajikan terkait dengan  beberapa spesies ayam pheasant yang popular sebagai hewan peliharaan saat ini. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan anda dan para kolektor ayam hias di maupun anda berada. (Baca juga : Ayam Poland, Ayam Bekisar)

Kata kunci yang sering dicari :
Ayam pheasant, sejarah ayam, jenis jenis ayam pheasant, spesies ayam pheasant, ayam pegar, Pegar Darah (genus Ithaginis), Koklass (genus Pucrasia), Gallopheasants (genus Lophura), Pegar Bertelinga (genus Crossoptilon), Pegar Cheer (genus Catreus), Pegar Ekor Panjang (genus Syrmaticus), Pegar (genus Phasianus), Pegar Ruffed (genus Chrysolophus), Pegar Merak (genus Polyplectron), Argus Berjambul (genus Rheinartia), Argus Besar (genus Argusianus)
0 Komentar untuk "Ayam Pheasant"

Back To Top