Pusat informasi prospek usaha dan cara budidaya di bidang peternakan, perikanan, dan pertanian

Ayam Poland ( Polish )

Budidaya Ayam Poland, atau ayam jambul. Ayam Poland inilah yang akan kita bahas kali ini setelah sebelumnya kita sampaikan artikel tentang ayam kate, ayam bekisar dan ayam hutan. Ayam poland atau yang disebut juga Ayam Mahkota, Ayam Jambul, atau Ayam Polish merupakan sejenis ayam Eropa yang terkenal dengan bulu mahkota pada kepalanya. Menurut cerita yang ada, ayam berjambul ini di yakini oleh masyarakat setempat berasal dari Negara bagian Belanda.

budidaya ayam poland
Ayam Poland Hitam Jambul Putih
Selain bulu tubuhnya yang menarik, kepala ayam hias ini di hiasi dengan mahkota bulu pada kepalanya. Mahkota ini meliputi hampir ke seluruh kepalanya sehingga menjadi ciri khas dari ayam poland tersebut. Di Indonesia, Ayam berjambul ini termasuk ke dalam varietas unggas yang oleh masyarakat kebanyakan dipelihara sebagai ayam hias. Apalagi orientasi ayam poland hanya  untuk tujuan pameran atau sebagai penghias lingkungan rumah. 

budidaya ayam poland
Ayam Poland Kelabu (Klawu)
Dulu, ayam poland hanya dimiliki oleh kalangan tertentu saja. Akan tetapi, saat ini ayam poland dapat dipelihara oleh semua orang dari berbagai kalangan. Kharisma dari ayam belanda ini menjadi semakin populer dan banyak digemari, tidak hanya dikalangan masyarakat nusantara, masyarakat dunia pun sangat menyukai ayam ini. Sehingga Ayam jenis ini diburu oleh para kolektor ayam hias. 

budidaya ayam poland
Ayam Poland Blorok
Seiring dengan perkembangannnya, saat ini ayam poland (ayam polish) semakin beragam jenisnya. Hal ini karena banyak orang yang hobi memelihara dan mengawinsilangkan jenis ayam ini dengan ayam yang lain.

Ciri-ciri Ayam poland atau polish diantaranya yaitu :
§  Bulu di kepala berjambul
§  Memiliki warna bulu yang beragam
§  Biasanya berukuran sedang atau lebih sedikit besar dari ayam kate
§  Bobot ayam jantan bisa  mencapai 680 gram –790 gram
§  Sedangkan ayam betina bisa mencapai 510 gram – 680 gram

budidaya ayam poland
Ayam Poland Batik Jantan

budidaya ayam poland
Ayam Poland Batik Betina
Oke sobat budidaya dan pecinta ayam hias, sekian informasi yang dapat saya sampaikan tentang ayam poland, Semoga bermanfaat, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan anda khususnya para kolektor ayam hias yang ada ditanah air maupun internasional. (baca : ayam kate, ayam bekisar, 4 jenis ayam hutan langka)

Kata kunci yang sering dicari :
Ayam poland, budidaya ayam poland, ternak ayam poland, beternak ayam poland, penangkaran ayam poland, prospek usaha budidaya ayam poland, harga ayam poland, jenis ayam poland, jenis jenis ayam poland, macam ayam poland, macam macam ayam poland, cara memelihara ayam poland.ayam polish, ayam jambul, ayam mahkota.
Tag : ayam, ayam poland
0 Komentar untuk "Ayam Poland ( Polish )"

Back To Top