Pusat informasi prospek usaha dan cara budidaya di bidang peternakan, perikanan, dan pertanian

Ayam Andalusia

Jenis Ayam Andalusian. Ayam Andalusia merupakan jenis ayam yang berasal dari Andalusian, atau lebih tepatnya adalah negara bagian Spanyol. Sehingga nama ayam andalusia berasal dari daerah asal ayam. Ayam andalusia oleh sebagian orang dikenal dengan sebutan ayam Blue Andalusian. Hal tersebut dikarenakan ayam Andalusia memiliki bulu berwarna biru.


Ayam Andalusia

Saat ini, ayam Andalusia menjadi semakin populer karena bagi sebagian masyarakat, kolektor dan pembudidaya ayam. Hal ini karena Ayam andalusia dinilai cukup unik dan mempunyai daya tarik tersendiri. Selain itu, perwatan ayam ini relatif mudah, tidak berbeda jauh dengan perawatan ayam kampug biasa.

Ayam Andalusia Betina
Di Indonesia, Ayam Andalusia banyak dipelihara sebagai ayam hias. Sayangnya, Perkembangbiakan ayam Andalusia dapat dikatakan lambat. Bahkan keberadaan ayam Andalusia di negara asalnya Spanyol masih terbilang sedikit jumlanya. Mengingat akan hal tersebut saat ini sebagian pembudidaya mulai untuk menagkarkan Ayam andalusian  dengan  cara mengkawinkan silang ayam tersebut dengan jenis yang berbeda dengan tujuan memperoleh bibit unggul sekaligus mendapatkan varietas yang baru.  Salah satu hasil perkawinan silang antara ayam Andalusia berwarna hitam dan ayam berwarna putih kemudian menghasilkan ayam berwarna kebiruan seperti Biru Plymouth Rock.

Ciri-ciri ayam andalusian secara umum antara lain :
§  Ayam Blue Andalusian berwarna biru seperti Blue Plymouth Rock
§  Perbandingan warna bulu hitam :  biru : putih adalah 1 : 2 : 1
§  Warna kulit putih
§  Mata berwarna merah kecoklatan
§  Mempunyai jengger berwarna merah serta telinga berwarna putih cerah.
§  Paruh berwarna merah
§  Kuku berwarna biru gelap
§  Cangkang telur berwarna putih
§  Produksi telur ayam betina sekitar per tahun 160 butir telur
§  Bobot Ayam pejantan dewasa biasanya 3,2-3,5,6 kg, sementara betina 2,3-2,7 kg

Sekian sahabat info budidaya artikel tentang ayam andalusia. Baca juga ayam walik, ayam pheasant, ayam minorca. Semoga informasi yang saya sajikan di atas dapat bermanfaat, menambah referensi, wawasan,  dan ilmu pengetahuan anda.

Kata kunci yang sering dicari :
Ayam Andalusia, ayam andalusian, andalusian chicken, jenis ayam Andalusia, asal ayam Andalusia, cara budidaya ayam Andalusia, budidaya ayam Andalusia, penangkaran ayam Andalusia, ciri-ciri ayam Andalusia, prospek usaha ayam Andalusia.
0 Komentar untuk "Ayam Andalusia"

Back To Top