Pusat informasi prospek usaha dan cara budidaya di bidang peternakan, perikanan, dan pertanian

Ayam Minorca

Jenis Ayam Minorca. Ayam Minorca atau spainsh adalah ayam yang berasal dari pulau Minorca di laut Mediteran, Spanyol. Menurut informasi yang diketahui, ayam Minorca termasuk salah satu ayam kuno pada zamanya. Namun ada juga yang beranggapan bahwa ayam ini merupakan hasil persilangan antara ayam Minorca dan ayam kastilia. Akan tetapi, diantara kelas mediterania seperti ayam leghorn, ayam andalusiana dan ancona. Ayam ini merupakan spesies ayam yang terbesar dari kelas mediteran.
Ayam Minorca Jantan

Ayam Minorca Berina
  
Ayam Minorca mempunyai beberapa varietas, Variates ayam Minorca yang populer adalah Singgle Comb White Minorca (SCWM), Singgle Comb Black Minorca dan Singgle Comb Buff (SCBM). Akan tetapi ayam Minorca putih populasinya telah mengalami penurunan di Amerika. Bahkan, saat ini ayam Minorca populasinya tengah terancam punah.

Sepasang Ayam Minorca Putih

Ayam Minorca Putih Jantan
 
Ayam Minorca Putih Betina
 
Sebenarnya, ayam Minorca cukup mampu berproduksi telur yang tinggi, bahkan ayam ini cenderung lebih agresif dan kemampuan berkembangbiaknyapun lebih cepat. Tidak heran kalau ayam ini dijuluki "Clown Chicken " dan " The Fowl of Seville" karena populer, terutama di negara bagian Amerika, Inggris, dan Belanda. Karena hal tersebut ayam Minorca ini lebih di kenal sebagai tipe ayam petelur.

Ciri- ciri ayam Minorca secara umum diantaranya yaitu :


§  Warna bulu hitam keabu- abuan, putih
§  Warna telinga putih menyatu dengan muka
§  Telinga berwarna putih menyatu sengan muka dan terdapat bintik-bintik merah.
§  Mempunyai jengger tunggal dengan enam gerigi dan pial relative besar
§  Bagian kulit berwarna putih
§  Dad bulat
§  Bagian wajah berwarna merah
§  Cangkang telur berwarna putih
§  Paruh berwana cokelat gelap
§  Punggung panjang dengan lekukan halus terhadap leher dan ekor
§  Tubuh panjang
§  Menghasilkan telur 150 - 180 butir telur per tahun.
§  Bobot ayam jantan dewasa berkisar antara 3,2 - 3,6 Kg sedangkan bobot untuk ayam betina dewa berkisar antara 2,7 - 3,0 Kg.

Demikian sobat budidaya dan pecinta ayam hias sedikit informasinya mengenai ayam Minorca. Baca juga ayam kalkun, ayam cemani, ayam pheasant. Semoga informasi yang saya sampaikan di atas dapat bermanfaat, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan anda, khususnya bagi para pembudidaya dan pecinta ayam hias.

Kata kunci yang sering dicari :
Ayam Minorca, jenis ayam Minorca, asal ayam Minorca, varietas ayam Minorca, cara budidaya ayam Minorca, penangkaran ayam Minorca, ayam yang terancam punah, ayam Minorca hampir punah, pakan ayam Minorca, vaksin ayam Minorca, cara membuat kandang ayam Minorca.
0 Komentar untuk "Ayam Minorca"

Back To Top