Ayam Walik

Ayam walik. Pagi sobat budidaya, kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai ayam walik. Ayam walik adalah ayam lokal biasa yang memiliki gen unik, selain itu jenis ayam walik memiliki bulu pada seluruh tubuhnya tumbuh terbalik ke belakang atau ke depan, sehingga permukaan kulit tubuh terlihat jelas. Oleh karena itu ayam buras jenis ini lebih dikenal dengan sebutan ayam walik. Dari segi penampilan ayam walik memang cukup menarik untuk dilihat, sehingga banyak orang memeliharanya sebagai ayam hias atau untuk dikembangbiakan dengan cara mengkawinkan silang ayam walik tersebut dengan ayam jenis yang  lain. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan varietas baru ayam walik.



Penyebaran ayam walik di Indonesia paling dominan di daerah jawa barat seperti sumedang dan bogor, karenanya ayam ini dikenal dengan sebutan ayam rintit. Jenis ayam walik yang tersebar di Indonesia dibedakan menjadi tiga, yaitu :



§  Ayam walik sekul (bulu tumbuh terbalik)
§  Ayam walik tulak (bulu keriting, bagian dada berwarna hitam, ekor dan sayap berwarna putih).
§  Ayam walik sura (bulu berwarna hitam dan bentuknya keriting)
 
Ayam Walik Kate
Salah satu kelebihan ayam walik adalah kemampuannya untuk bertahan hidup di daerah yang beriklim panas. Karena memiliki bulu yang terbalik, ayam walik dapat meregulasikan suhu tubuhnya pada suhu lingkungan yang panas sehingga tetap nyaman dalam suhu tinggi. Meski begitu untuk dalam pemeliharaan anak ayam walik perlu dilakukan penangganan atau perawatan khusus agar anakan ayam dapat bertahan hidup termasuk pada suhu dingin.
Ayam Walik Kriting

Ciri-ciri ayam walik diantaranya, yaitu :



§  Bulu keriting memiliki warna yang beraneka ragam seperti cokelat, hitam, kuning, merah, putih.
§  Jengger berwarna merah bentuk tunggal
§  Paruh dan kaki berwarna hitam kekuningan
§  Kulit berwarna putih atau kekuningan
§  Bisa menghasilkan 10 – 12 butir telur per periode
§  Postur tubuhnya berukuran sedang
§  Bobot untuk walik dewasa baik jantan maupun betina berkisar diantara 1- 3 Kg

Oke sobat budidaya, sekian informasi yang dapat saya sampaikan tentang ayam walik. Baca juga artikel terkait ayam walik cemani, ayam hutan langka, ayam kalkun. Semoga informasi yang saya di atas bermanfaat, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan anda, khususnya bagi para pecinta ayam indonesia.

Ayam Walik Jambul

Kata kunci yang sering dicari :
Ayam walik, jenis ayam walik, macam ayam walik, jenis-jenis ayam walik, macam-macam ayam walik, ciri-ciri ayam walik, prospek usaha ayam walik, cara budidaya ayam walik, penangkaran ayam walik.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Ayam Walik"

  1. Kalau ayam yang ujung buunya runcing sepertibulu rawis apa termasuk walik juga gan

    ReplyDelete