Pusat informasi prospek usaha dan cara budidaya di bidang peternakan, perikanan, dan pertanian

Ikan Koi


Budidaya Ikan Koi pada Kolam. Sahabat budidaya dan ternak yang berbahagia kali ini saya ingin berbagi informasi seputar ikan koi yang merupakan ikan hias yang sangat digemari oleh banyak kalangan pecinta ikan hias. Ikan koi merupakan hias yang berasal dari Negara jepang. Jenis-jenis Ikan koi yang ada sekarang awalnya merupakan hasil persilangan dari ikan mas (carper) yang memiliki berbagai warna menarik. Dalam bahasa Jepang koi dikenal dengan nama Niishikigoi. Ikan ini mulai dibudidayakan sekitar 200 tahun yang lalu. Kemudian pada tahun 1914 ikan yang dikenal dengan niigata koi di pamerkan dalam suatu expo, sejak itulah banyak kalangan pecinta ikan hias khususnya masyarakat Jepang mulai mengalami demam memelihara ikan koi. Hobi memelihara ikan koi ini menyebar keseluruh dunia ketika sarana transportasi dan teknik pengiriman ikan menggunakan kantung plastik telah diterapkan sehingga tingkat kematian ikan dapat diminimalisir. 
Memelihara ikan koi adalah hal yang menyenangkan dan diyakini dapat mengurangi stress, selain itu ikan koi diyakini dapat membawa hoki serta dipercaya dapat mendengar dan merespon suara pemiliknya.
Ikan Koi, jenis-jenis ikan koi, budidaya ikan koi, ternak ikan koi, macam-macam ikan koi
Jenis Jenis Ikan Koi
Memelihara ikan koi haruslah memperhatikan kadar oksigen yang terkandung  dalam air serta tingkat kebersihan air tersebut. Pertumbuhan ikan koi sangat tergantung dari besarnya kolam, kualitas air, kadar oksigen, filtering, makanannya, serta garis keturunan koi juga sangat berpengaruh erat terhadap kualitasnya. Hal ini perlu dilakukan karena ikan koi yang masih kecil tingkat kematiaannya cukup tinggi bahkan untuk memelihara ikan koi sampai ukuran 70 cm dibutuhkan biaya yang mahal. 
Ikan koi, budidaya ikan koi, kolam ikan koi, ternak ikan koi
Budidaya Ikan Koi
Ikan koi rata-rata dapat hidup sampai 20-30 tahun. Ikan koi merupakan jenis ikan yang hidupnya bergerombol, keberadaan ikan ini melewati proses yang sangat panjang. Pada awalnya peternak jepang hanya menghasilkan ikan koi yang mempunyai satu warna antara lain :

·         Hitam (kurasugoi dan sumigai )
·         Putih (shiromuji )
·         Merah ( benigoi,higoi,okagoi)
·         Kuning (kigoi)
·         Putih kemerahan (gingsoi)

Dari warna polos inilah kemudian tercipta koi dengan 2 warna, koi 3 warna dan koi “orak arik” atau multi warna. Berikut Jenis-jenis ikan koi :

Koi  dengan 2  warna
·      Koi dua warna yang  cukup digemari yaitu kohaku, ikan ini memiliki badan berwarna dasar putih dengan bercak bercak merah di atas warna dasarnya.
·         Shiro bekko merupakan ikan yang memiliki warna dasar putih dengan belang hitam.
·         Shiro utsuri merupakan ikan koi yang memiliki warna dasar hitam dengan bintik putih.
·         Hi utsuri memiliki warna dasar hitam dengan belang berwarna merah.
·        Aka bekko merupakan ikan koi yang memiliki warna dasar merah dengan belang hitam

Koi  dengan 3  warna
·     Taiso sangke mempunyai perpaduan warna yang khas ikan ini memiliki warna dasar putih dan dihiasi bercak bercak berwarna merah dan hitam sangat cocok.
·         Showa sangke memiliki warna dasar hitam dengan belang putih dan merah 

Koi multi warna
·         Goshiki merupakan ikan koi yang memiliki 5 unsur warna yang sangat menarik.
·         Aka hijro ikan koi ini memiliki warna dasar merah darah dan pada siripnya berwarna putih.
·         Orgon memiliki warna kuning keemasan.
·   Hi showa memiliki warna dasar hitam dengan kombinasi warna merah yang sangat kontras dilengkapi dengan beberapa bagian yang berwarna putih.
·    Asagi ikan ini cukup unik karena memiliki warna biru pada punggungnya sedangkan perutnya berwarna merah 

Demikian pembahasan sekilas tentang ikan koi semoga menambah wawasan dan pengetahuan anda terima kasih.

Baca juga artikel tentang :
·         Ayam Cemani
·         Ayam Pelung

Kata kunci :
Ikan koi, budidaya ikan koi, ternak ikan koi, jenis-jenis ikan koi, kolam ikan koi, cara budidaya ikan koi, cara beternak ikan koi. cara memelihara ikan koi, koi fish.
0 Komentar untuk "Ikan Koi"

Back To Top