Ikan Mujair

Banyak sahabat ternak yang ingin mengetahui cara Budidaya Ikan Mujair. Akan tetapi sebelum membahas hal tersebut, melalui artikel ini saya ingin berbagi informasi tentang Klasifikasi Ikan Mujair. Ikan mujair merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat karena rasanya yang lezat  serta memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Manfaat ikan mujair dalam ilmu kesehatan antara lain dapat mengurangi berat badan, meningkatkan metabolisme tubuh, membangun tulang yang kuat, mencegah berbagai jenis kangker dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Ikan mujair mempunyai kerabat dekat yaitu ikan nila. Bagi orang awam dengan dunia perikanan tentu akan kesulitan dalam membedakan antara ikan nila dan mujair, hal ini karena kedua ikan air tawar ini masih satu spesies dan memiliki banyak kesamaan. Ikan mujair biasanya hidup di daerah perairan yang menggenang seperti danau, sungai, rawa-rawa, telaga, waduk dan kolam serta perairan air tawar yang tenang.
Asal Ikan Mujair
Sebenarnya ikan mujair merupakan spesies ikan yang berasal dari Sungai Nil dan Afrika Utara, tapi saat ini ikan mujair telah menyebar secara luas diberbagai daerah dan salah satunya sudah dibudidayakan di seluruh negara Asia termasuk Indonesia.

Di Indonesia ikan ini pertama kali ditemukan oleh Pak Mujahir di muara sungai Serang Pantai Selatan Blitar Jawa Timur pada tahun 1939 kemudian nama ikan mujair (mujahir) sendiri diambil dari sang penemu ikan ini yaitu Pak Mujahir.  

Ikan mujair memiliki nama ilmiah oreocromis mossambicus dan dalam bahasa inggris dikenal sebagai mozambique tilapia. Ikan Sungai Nil ini merupakan ikan yang mudah berkembang biak sehingga sering dianggap sebagai hama oleh sebagian pembudidaya ikan karena dapat mengalahkan makanan ikan yang sebenarnya dibudidayakan. 

Ciri-ciri Ikan Mujair
Ikan mujair memiliki cirri-ciri fisik diantaranya bentuk badanya pipih dengan warna hitam keabu-abuan, kecoklatan, atau kuning. Ikan ini memiliki panjang total maksimum yang dapat dicapai adalah sekitar 40 cm, serta memiliki 15-17 duri yang tajam dan 10-13 duri berujung lunak 

Pada habitatnya ikan mujair merupakan pembersih alami bahan dektritus dan beracun dalam lingkungan air yang mereka tempati, jadi sebenarnya ikan ini merupakan ikan yang menguntungkan  karena kemampuannya dalam memurnikan air dan mengurangi limbah oksigen.

Ikan mujair memiliki kebiasaan yang unik ketika sedang memijah. Pada proses ini induk ikan mujair akan menyimpan telur dan larva di dalam rongga mulutnya untuk melindungi dari ikan lain yang suatu saat bisa saja mengancam telur dan larva-larvanya.  
budidaya ikan mujair, klasifikasi ikan mujair, pakan ikan mujair, umpan ikan mujair, kandungan ikan mujair, manfaat ikan mujair
Induk Ikan Mujair

Kandungan dan Nilai Gizi Ikan Mujair
Kandungan yang terdapat pada ikan mujair di antaranya, vitamin, mineral, dan protein. Ikan ini merupakan sumber nutrisi yang baik karena banyak mengandung omega-3, selenium, fosfor, kalium, vitamin B12, niasin (vitamin B -3), vitamin B6 dan asam pantotenat.

Sekian artikel tentang Klasifikasi Ikan Mujair. Semoga bermanfaat bagi sahabat budidaya dan ternak di seluruh penjuru tanah air.

Baca artikel terkait :
·         Ikan Koi
·         Ayam Cemani

Kata Kunci : Klasifikasi, ciri-ciri, budidaya, khasiat, manfaat, pakan, umpan, Ikan, Mujahir, Mujair.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ikan Mujair"

Post a Comment