Pusat informasi prospek usaha dan cara budidaya di bidang peternakan, perikanan, dan pertanian

Habitat dan Penyebaran Lobster Air Tawar

Sore sahabat budidaya dan ternak, masih membahas Lobster Air Tawar. Kali ini kita akan mengulas tentang Habitat dan Penyebaran Lobster Air Tawar. Semua orang mungkin tahu bahwa lobster yang hidup di perairan dunia mencapai puluhan bahkan ratusan jenis. Perbedaan jenis lobster ini ternyata juga berbeda karakteristik lingkungan hidupnya. Dari sekian banyak jenis lobster, ada beberapa jenis yang sudah dapat dibudidayakan dan banyak juga yang belum dapat dibudidayakan. Hal ini terjadi karena untuk membudidayakan lobster perlu dilakukan proses adaptasi lingkungan sesuai habitat aslinya sehingga faktor inilah yang menyebabkan sebagian jenis lobster belum dapat dibudidayakan.
Baca Jenis-jenis Lobster Air Tawar yang sudah dapat dibudidayakan. Setelah membaca artikel tersebut tentu anda ingin lebih mengenal tentang karakteristik lobster tersebut. Sebelum mengenal asal-usul dan karakteristiknya, perlu dipahami bahwa Lobster Air Tawar berbeda dengan lobster air laut. Jika dilihat dari klasifikasinnya, lobster air laut tangkapan nelayan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat umumnya berasal dari keluarga penaeidae, palinuridae, dan scyllaridae. Sedangkan lobster air tawar berasal dari keluarga parastacidae dan cambaridae. Jika dilihat dari sisi pembudidayaan, budidaya lobster air laut lebih sulit dibandingkan dengan lobster air tawar.

HABITAT DAN PENYEBARAN
Perlu sahabat budidaya dan ternak ketahui bahwa pada dasarnya lobster air tawar berasal dari tiga keluarga antara lain cambaridae, astacidae, dan parastacidae. Keluarga cambaridae banyak ditemukan di bagian timur Amerika Serikat (80% dari jumlah spesies) dan bagian selatan Meksiko. Keluarga astacidae banyak ditemukan di perairan bagian barat rocky mountains di barat laut Amerika Serikat sampai Kolombia, Kanada, dan juga di Eropa. Sementara keluarga parastacidae banyak hidup di periran Australia, Selandia Baru, Amerika Selatan, dan Madagaskar. Dapat disimpulkan bahwa secara alami, keluarga lobster air tawar tersebut menyebar hampir di semua benua kecuali Afrika dan Antartika, meskipun pada kedua benua tersebut pernah ditemukan fosilnya. Di Indonesia sendiri hidup beberapa spesies dari keluarga parastacidae, diantaranya cherax monticola dan cherax lorentzi, dan cherax lakembutu di perairan Jayawijaya, Papua.

Sekian artikel tentang Habitat dan Penyebaran Lobster Air Tawar. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel terkait :
·         Prospek Budidaya Lobster
·         Prospek Budidaya Lobster Hias

Kata kunci : Habitat, Asal, Penyebaran, Lobster air tawar, budidaya, ternak.
0 Komentar untuk "Habitat dan Penyebaran Lobster Air Tawar"

Back To Top