Makanan Belut

Siang sahabat budidaya dan ternak, Makanan Belut Alami. Setelah saya uraikan pada artikel sebelumnya tentang jenis-jenis belut kali ini saya akan mencoba menguraikan sedikit tentang makanan belut. Seperti yang kita semua tahu bahwa belut termasuk dalam kategori hewan pemakan daging atau karnivora. Akan tetapi berbeda dengan hewan karnivora yang lain, belut merupakan binatang pemakan daging yang pasif. Disebut pasif karena biasanya belut hanya menunggu mangsanya dengan cara membuat lubang di lumpur. Jika ada mangsa yang melewati lubang persembunyiannya maka dengan pelan dan sigap belut akan segera menangkap mangsa tersebut dengan mulutnya, kemudian menelannya hidup-hidup. Untuk mencerna mangsa yang dimakannya, belut memerlukan waktu sekitar 2-3 hari. Lama juga ternyata, sangat berbeda dengan beberapa jenis ikan lain seperti lele, mujair, koi dan kawan-kawan. Jenis ikan-ikan tersebut mampu mencerna makanan dengan cepat.

Salah satu sifat atau kebiasaan belut adalah biasanya aktif pada waktu malam hari dan tidur di siang hari. Walaupun pasif tapi jika dalam beberapa hari belut tidak mendapatkan mangsa maka biasanya belut akan keluar dari lubang persembunyiannya pada malam hari untuk lebih aktif mencari mangsa. Mangsa yang dimakan belut dewasa dapat berupa cacing, ikan-ikan kecil, seperti ikan cethol, blending, cere atau anak-anak ikan dan serangga. Sedangkan nak belut yang masih kecil dan berukuran kurang dari 10 cm, biasanya belum dapat memakan makanan yang kasar. Umumnya anak belut hanya mampu memakan makanan berupa jasad renik atau zooplankton.

Untuk memberi pakan alami pada belut yang dibudidayakan sebenarnya cukup variatif dan mudah didapat. Beberapa pakan alami belut yang dapat dibudidayakan antara lain:

1.      Cacing sutera
2.      Bekicot
3.      Keong
pakan belut alami
Keong untuk Pakan Belut
4.      Cacing tanah
cacing tanah untuk pakan alami belut
Cacing tanah untuk Pakan Belut

5.      Kecebong
6.      Kutu air
7.      Ulat
8.      Jangkrik
Jangkrik untuk Makanan belut budidaya
Jangkrik untuk Pakan Belut
Sekian sahabat budidaya dan ternak artikel tentang Makanan Belut Alami. Semoga bermanfaat untuk semuanya.

Baca artikel terkait :
·         Budidaya Belut
·         Jenis-jenis Lobster Air Tawar

Kata kunci : budidaya belut, beternak belut, makanan belut, pakan belut alami.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan Belut"

Post a Comment