Pusat informasi prospek usaha dan cara budidaya di bidang peternakan, perikanan, dan pertanian

Proses Daur Hidup Dan Moulting Lobster Air Tawar

Sore sahabat budidaya dan ternak, Proses Daur Hidup Dan Moulting Lobster Air Tawar. Lobster merupakan salah satu hewan yang mengalami proses pergantian kulit atau yang dikenal dengan istilah moulting. Hampir semua jenis lobster air tawar memiliki eksoskeleton (kelopak kulit) yang keras dan tidak elastic. Oleh karena itu lobster akan membuang kulit lama dan menggantinya menjadi kulit baru untuk tumbuh menjadi lebih besar. 

Lobster air tawar muda dan dewasa mengalami proses moulting yang berbeda. Lobster yang masih muda akan lebih sering mengalami pergantian kulit dibandingkan dengan lobster dewasa. Hal ini disebabkan karena lobster muda masih mengalami proses pertumbuhan. Lobster mengalami moulting sampai puluhan kali selama masa hidupnya. Pergantian kulit lobster air tawar mulai terjadi pada umur 2-3 minggu. Proses pergantian kulit akan sering terjadi sebelum lobster dewasa (usia 6-7 bulan) berbeda dengan lobster dewasa. Lobster air tawar dewasa, terutama indukan baik jantan maupun betina akan memulai kembali moulting (pergantian kulit) setelah 2-3 kali melakukan perkawinan.
Moulting lobster
Proses Moulting
Sekitar 2-3 jam sebelum mengalami pergantian kulit, lobster air tawar akan terlihat sangat lemah seakan mau mati. Lobster tampak stres dan tidak punya nafsu makan. Proses moulting dimulai dari kulit kepala yang akan mengelupas atau terlihat terangkat dan terpisah dari kepala. Beberapa waktu kemudian kepala akan keluar dari kulit kepala dan diikuti dengan terkelupasnya kulit eksoskeleton. Setelah berganti kulit tubuh lobster masih terlihat lemah karena kulitnya masih sangat lunak. Baru setelah 24 jam semua kulit akan mengeras kembali seperti semula.

Sebenarnya, proses moulting pada lobster berfungsi untuk merangsang atau mempercepat pertumbuhan. Selain itu, moulting juga akan mempercepat proses pematangan gonad pada induk. Sehingga induk lobster akan cepat menghasilkan telur. Pergantian kulit ini juga berfugsi untuk menumbuhkan kembali bagian tubuh yang rusak atau patah. Bagian tubuh lombster seperti kaki atau capit yang patah akan tumbuh normal kembali dengan cepat setelah moulting. Akan tetapi, ukuran kaki yang tumbuh biasanya lebih kecil dari kaki sebelumnya.

Pada umtu 6-7 bulan lobster mulai matang gonad. Yang berarti lobster siap dan akan melakukan perkawinan dengan induk jantan. Setelah terjadi pembuahan, selama sekitar 1,5 bulan induk betina akan mengerami telurnya hingga menetas. Setiap kali bertelur, jumlah anakan yang menetas mencapai 150-800 ekor. Dalam jangka waktu 6-7 bulan setelah menetas, anakan lobster air tawar akan mengalami proses pembesaran menjadi lobster dewasa yang siap dikonsumsi atau dijadikan induk. Setelah dewasa lobster air tawar dapat hidup berpuluh-puluh tahun.

Sekian artikel tentang Proses Daur Hidup Dan Moulting Lobster Air Tawar. Semoga bermanfaat.

Baca artikel terkait :
·         Sifat Lobster Air Tawar
·         Makanan Lobster Air Tawar
·         Cara Budidaya Ikan Koi

Kata kunci : proses, daur hidup, moulting, pergantian kulit, lobster air tawar, crayfish.
0 Komentar untuk "Proses Daur Hidup Dan Moulting Lobster Air Tawar"

Back To Top