Sifat Lobster Air Tawar


Salam budidaya dan ternak, pada kesempatan ini saya kita akan membahas tentang karakteristik atau Sifat Lobster Air Tawar. Setelah anda membaca beberapa artikel sebelumnya tentang prospek budidaya lobster air tawar baik untuk udang konsumsi maupun udang hias tentu anda juga harus memahami beberapa sifat dari lobster air tawar tersebut. Dengan mengetahui sifat lobster diharapkan resiko kerugian selama proses budidaya dapat ditekan seminimal mungkin. Lobster air tawar memiliki sifat kanibal dan juga memiliki sifat reproduksi yang unik, berikut penjelasannya : 

Sifat Reproduksi Lobster Air Tawar
Kematangan telur betina dapat dilihat dari perkembangan ovariumnya yang berada di bagian punggung. Selama proses perkembangbiakannya, induk lobster betina menyiapkan telurnya untuk dibuahi oleh induk jantan. Sementara induk jantan mempersiapkan kematangan seperma yang ditentukan oleh perkembangan alat kelamin (petasma). Petasma mengandung spermatophora.
Induk jantan akan melakukan perkawinan dengan induk betina, setelah matang gonad. Telur akan dibuahi oleh sperma dalam beberapa waktu. Pembuahan yang terjadi pada lobster merupakan pembuahan internal, dimana sperma membuahi sel telur di dalam tubuh induk betina. Setelah dibuahi telur akan muncul dan melekat di bagian bawah badan induk betina sampai menetas. Telur-telur tersebut berbentuk oval mendekati bulat. Warna telur sejak dibuahi hingga siap menetas akan berubah secara bertahap mulai dari kuning, orange, dan timbul bintik-bintik hitam.

Sifat Kanibal Lobster Air Tawar
Selain sifat dalam proses reproduksi di atas lobster juga memiliki sifat kanibal, yaitu suatu sifat yang suka memangsa jenisnya sendiri. Sebenarnya sifat kanibal ini mulai muncul sejak lobster masih kecil. Akan tetapi sifat ini akan tampak lebih nyata jika terjadi kekurangan makanan. Sifat kanibal juga muncul pada lobster sehat terhadap lobster yang sedang moulting (ganti kulit). Sehingga ketika dalam keadaan lemah, lobster akan mengalami ganti kulit dan mencari tempat persembunyian.
lobster kanibal
Sifat Kanibal Lobster
Sekian artikel tentang Sifat Lobster Air Tawar. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang budidaya dan ternak.

Baca artikel terkait :
·         Lobster Air Tawar
·         Morfologi Lobster Air Tawar

Kata kunci : sifat lobster, sifat lobster air tawar, budidaya, beternak, lobster air tawar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sifat Lobster Air Tawar"

Post a Comment