Cara Budidaya Ayam Bangkok



Siang sahabat budidaya dan ternak, tahukan anda bagaimana Cara Budidaya Ayam Bangkok yang mudah dan berhasil? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka melalui artikel ini saya akan mencoba mengulas sedikit tentang cara beternak atau budidaya ayam Bangkok. Langkah-langkah untuk membudidayakan Ayam Bangkok antara lain cara pembuatan kandang, cara pemilihan induk, proses perkawinan, cara penetasan, dan perawatan anakan. 

PEMBUATAN KANDANG

Sebelum membuat kandang sebaiknya anda tentukan terlebih dahulu sistem perkawinan dan cara penetasan telur ayam banngkok tersebut. Jika anda menggunakan sistem sanggan dalam proses perkawinannya maka anda perlu 2 kandang (pranji), satu untuk induk ayam jantan dan satu untuk induk betina bertelur. Akan tetapi jika anda menggunakan sistem umbaran dalam proses perkawinan maka anda memerlukan satu kandang umbaran dengan ukuran 2m x 2m, 2m x 3m atau ukuran yang lebih besar.
Kandang Umbaran Ayam Bangkok
Sketsa Gambar Kandang Umbaran

CARA MEMILIH INDUK AYAM BANGKOK

Memang untuk memilih induk ayam Bangkok yang berkualitas bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Dengan indukan jantan dan betina yang berkulaitas jempol maka besar kemungkinan keturunannya kualitas anakanya akan bagus.



Berikut ciri-ciri indukan Bangkok  betina yang memiliki kualitas bagus
·           Kepala terlihat seperti  kepala ular jika dilihat dari depan
·           Mata menjorok kedalam dan bersih
·           Saat dipegang tubuh ayam seperti batang pinang  atau botol
·           Kaki kering dengan jari kaki halus dan panjang
·           Bulu mengkilat dan halus
·           Tidak pernah sakit dari anakan
·           Tulang sapit udang lebar (tulang di bawah pangkal ekor) 3-4 jari

Ciri-ciri indukan Bangkok jantan yang memiliki kualitas bagus
·           Kepala seperti  buah pinang
·           Tulang kepala tebal dengan alis menjorok keluar
·           Tulang leher rapat
·           Kaki  dan sisiknya kering
·           Memiliki kokok yang besar
·           Memiliki badan yang bulat seperti batang pinang
·           Memiliki tulang yang kokoh dan tegak seperti burung elang

Untuk menghasilkan keturunan dengan kualitas unggul maka mungkin anda perlu melihat gaya bertarung induk jantan dan betina. Misalkan saja induk betina memiliki tipe pukulan keras dan gaya bertarung cepat dikawin silangkan dengan induk jantan jalon (sayatan jalu/taji cepat dan tepat) dengan harapan hal positif pada induk jantan dan betina terdapat pada keturunannya.

CARA BETERNAK AYAM BANGKOK

Mengawinkan ayam bangkok bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Anda dapat menerapkan sistem perkawinan sanggan, caranya induk betina dipegang dengan posisi badan didudukkan di depan induk jantan, kemudian indukan jantan akan naik ke badan betina dan langsung mengawininya.
Kawin sanggan
Sistem Sanggan
Cara kedua yaitu dengan sistem umbaran atau perkawinan secara alami. Caranya, siapkan  kandang umbaran kemudian ayam jantan dan betina di lepas dalam satu kandang. Secara alami ayam akan kawin dengan sendirinya. Satu ekor indukan jantan dapat mengawini  3-4 indukan betina, akan tetapi jika anda khawatir keturunannya kurang bagus maka sahabat budidaya dapat menggunakan perbandingan jantan dan betina 1:1 atau 1:2. 

Jika kedua indukan telah siap kawin makan induk betina biasanya akan mulai bertelur seminggu setelah dikawinkan. Umumnya indukan ayam Bangkok betina dapat menghasilkan telur 15-20 butir saja berbeda dengan ayam jenis lain yang mampu menghasilkan telur sampai 25 butir untuk setiap periodenya. Telur-telur tersebut akan dierami oleh induk betina selama 21 hari sampai  telur tersebut menetas. Untuk mempercepat pertambahan jumlah anakan ayam Bangkok, anda dapat menggunakan mesin tetas dalam proses penetasannya.

PERAWATAN ANAK BANGKOK

Sehari setelah menetas (DOC) anda dapat memindahkan anak ayam Bangkok tersebut pada kardus atau pranji kecil yang dilampu. Anda dapat memberi pakan buatan untuk anak ayam ini dengan konsentrat sampai berumur 2 bulan untuk mendapatkan hasil yang baik.
Cara Beternak Ayam Bangkok
Anak Ayam Bangkok
Itulah pembahasan sedikit tentang bagaimana Cara Beternak Ayam Bangkok. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda.

Baca artikel terkait:
·           Ayam Bangkok
·           Ayam Kapas Putih
·           Ayam Pheasant

Kata kunci : ayam Bangkok, budidaya ayam Bangkok, beternak ayam Bangkok, cara budidaya ayam Bangkok, cara beternak ayam Bangkok.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Budidaya Ayam Bangkok"

Post a Comment