Ayam Brahma

Cara budidaya dan ternak - Ayam Brahma merupakan salah satu jenis ayam hias yang awal mulanya berkembang di daerah Brahmaputra India. Jika dilihat berdasarkan fisik ayam brahma memiliki tubuh yang besar dengan kaki yang dipenuhi bulu sehingga tampak cantik. Mulanya, ayam ini dimanfaatkan dagingya sebagai salah satu bahan konsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai Brahmaputra. Selain dagingnya, ayam brahma juga dijadikan sebagai ayam petelur mengingat produksi telur dari ayam ini juga banyak.

Jenis Ayam Brahma
Jenis Ayam Brahma
Tidak diragukan lagi, Ayam brahma merupakan ayam yang potensial untuk dijadikan sebagai ayam pedaging. Perlu sahabat budidaya ternak ketahui, bobot ayam brahma betina rata-rata mencapai 4 Kg, sedangkan ayam brahma jantan mampu mencapai bobot 6-7 Kg. Hal ini tentu sangat berbeda jauh jika dibandingkan dengan bobot badan ayam kampung yang hanya mencapai 1,5-2,5 Kg.
Ternak Ayam Brahma
Ayam Brahma Buff

Budidaya Ayam Brahma
Ayam Brahma Merah
Ada cerita menarik mengenai alih guna Budidaya Ayam Brahma dari ayam pedaging menjadi ayam petelur. Pada tahun 1846 beberapa pasang ayam brahma diboyong dari Brahmaputra India ke Amerika Serikat. Di lingkungan barunya ini ternyata ayam brahma dapat beradaptasi dengan baik, bahkan saat musim dingin pun ayam ini tetap produktif bertelur. Hal inilah yang menjadi daya tarik beberapa masyarakat di Negeri Paman Sam untuk mengembangkan budidaya ayam brahma sebagai ayam petelur.
Beternak Ayam Brahma
Ayam Brahma Putih
Ternyata beberapa warga AS juga menjadikan Ayam Brahma sebagai ayam hias. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa ayam brahma berasal dari India, akan tetapi ayam ini justru mengalami perkembangan yang cukup signifikan sebagai ayam hias setelah hijrah ke Amerika. Terbukti dengan munculnya varietas baru ayam brahma hasil silangan dengan berbagai ayam hias lain.
Peluang Usaha Budidaya Ayam Brahma
Ayam Brahma Wido
Seiring dengan kemajuan komunikasi dan transportasi penyebaran Ayam Brahma pun sampai ke berbagai Negara termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri prospek usaha budidaya ayam brahma cukup baik, mengingat permintaan ayam ini juga cukup besar dan sedikitnya peternak ayam brahma.
Prospek Usaha Budidaya Ayam Brahma
Ayam Brahma Mutiara

Sekian artikel mengenai Ayam Brahma, semoga informasi di atas menjadi referensi yang bermanfaat. Baca juga artikel tentang Ayam Cemani, Ayam Kalkun, Ayam Batik, Ayam Hutan, Ayam Bekisar, Ayam Orpington, Ayam Kapas, Ayam Kate, Ayam Ketawa, Ayam Pelung, Ayam Bangkok, Ayam Pheasant, Ayam Gaok, Ayam Mutiara, Ayam Poland.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ayam Brahma"

Post a Comment