Pusat informasi prospek usaha dan cara budidaya di bidang peternakan, perikanan, dan pertanian

Jenis Ayam Kalkun



Salam Budidaya dan Ternak – Tidak jauh berbeda dengan jenis ayam yang lain, Ayam Kalkun (Turkey Chicken) juga memiliki beberapa jenis. Pada umumnya ayam kalkun dibedakan berdasarkan warna bulunya. American Poultry Association (APA) membuat sebuah standar yang membagi kategori ayam kalkun menjadi 8 Varietas, namun tentu saja tidak menutup kemungkinan munculnya varietas atau jenis ayam kalkun baru hasil perkawinan silang antar varietas. Berikut jenis-jenis ayam kalkun;

JENIS AYAM KALKUN BRONZE (PERUNGGU)
Ayam Kalkun Perunggu
Ayam Kalkun Perunggu

Jenis Ayam Kalkun
Bronze Turkey Chicken

Seperti namanya Ayam Kalkun Bronze memiliki warna perunggu yang sangan eksotis di bagian dada. Jenis ini merupakan salah satu yang banyak dan mudah kita temui.

JENIS AYAM KALKUN NARRAGANSETT
Narragansett Tom Turkey
Narragansett Turkey Chicken

Ayam Kalkun Narragansett

Narragansett Turkey
Narragansett Turkey

Jenis ayam kalkun ini memiliki warna dasar bulu hitam / abu-abu / coklat / putih. Seperti kalkun bronze, Narragansett juga memiliki bulu di sekitar dada tapi berwarna abu-abu. Untuk saat ini jenis ayam kalkun Narragansett memang agak sukar ditemui karena populasinya yang sedikit.

JENIS AYAM KALKUN BELTSVILLE SMALL WHITE
Ayam Kalkun Albino Putih Polos
Beltsville Small White Turkey

Beltsville Albino Turkey

Beltsville Small White Turkey Chicken
Ayam Kalkun Putih

Jenis ini merupakan salah satu yang dikembangkan di Beltsville Agricultural Research Center (Maryland) dan banyak kita jumpai di Indonesia. Dinamakan Beltsville White karena ayam kalkun ini memiliki warna bulu putih mulus (albino) dengan ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan jenis kalkun lainnya.

JENIS AYAM KALKUN BOURBON RED (MERAH)
Bourbon Red Turkey Chicken
Ayam Kalkun Merah

Bourbon Red Turkey Chicken Poultry
Bourbon Red Turkey Chicken

Jenis kalkun Bourbon Red merupakan salah satu jenis yang banyak dicari dan diminati. Ayam kalkun jenis ini berasal dari Bourbon Country Kentucky. Warna bulu merah khas dengan perpaduan warna coklat muda dan putih pada sayap dan ekor mejadikan ayam kalkun Bourbon Red sangat eksotis, inilah yang membuat jenis ini mempunyai harga yang sedikit lebih mahal. Perkawinan silang jenis ini juga memungkinkan terjadinya perubahan warna menjadi coklat pekat tanpa warna putih pada sayap dan ekor, atau bisa jadi berwarna coklat muda.

JENIS KALKUN BLUE SLATE (ABU-ABU)
Ayam Kalkun Abu Abu

Ayam Kalkun Blue Slate atau ada yang menyebutnya juga dengan Kalkun Lavender mempunyai bulu khas abu-abu. Warna ini dimungkinkan merupakan hasil perkawinan antara kalkun dengan warna hitam dan kalkun warna putih. Jenis ini merupakan salah satu yang susah dijumpai di Indonesia khususnya pulau Jawa.

JENIS AYAM KALKUN WHITE HOLLAND
Ayam Kalkun Putih
Ayam Kalkun White Holland

Berdasarkan beberapa sumber menyatakan bahwa Jenis Ayam Kalkun White Holland merupakan hasil perkawinan silang antara Jenis ayam kalkun Bronze dengan jenis ayam kalkun Broad Breasted White. Sebenarnya jenis white holland sangat mirip dengan jenis Beltsville small white, tapi ukuran tubuh dan beratnya berbeda.

JENIS AYAM KALKUN ROYAL PALM
Ayam Kalkun Royal Palm
Royal Palm

Royal Palm Turkey Chicken
Ayam Kalkun Royal Palm

Royal Palm Turkey Chicken Poultry
Royal Palm Turkey Chicken

Ayam Kalkun Royal Palm mempunyai bulu yang terdiri dari kombinasi warna putih dan hitam, sangat indah. Jenis kalkun yang satu ini masih banyak kita temui di Indonesia, akan tetapi beberapa di antaranya merupakan hasil perkawinan silang sehingga terjadi gradasi warna yang berbeda dengan jenis aslinya. Karena memiliki warna bulu yang indah, di Amerika Jenis ayam kalkun royal palm tidak dikembangkan sebagai ayam kalkun pedaging, akan tetapi ayam ini dipelihara sebagai ayam hias yang diperlombakan.

JENIS AYAM KALKUN BLACK SPANISH (HITAM)
Black Spanish Turkey Chicken
Ayam Kalkun Hitam

Black Spanish Turkey Chicken

Ayam Kalkun Hitam
Peternakan Ayam Kalkun Hitam

Seperti namanya ayam kalkun Black Spanish mempunyai warna bulu hitam keseluruhan. Jenis ayam kalkun yang berasal dari Eropa ini juga dikenal dengan Norfolk Black. Seiring berjalannya waktu black spanish mengalami perkembangan sehingga terdapat beberapa jenis kalkun hitam seperti hitam metallic (mengkilap) hitam dop, maupun hitam dengan ekor putih.

Itulah beberapa jenis kalkun menurut standar American Poultry Association (APA). Ada satu jenis ayam kalkun selain yang sudah di sebutkan di atas yaitu;

JENIS AYAM KALKUN OCCELLATED
Occellated Turkey Chicken
Occellated Turkey Chicken

Occellated Turkey Chicken

Peternakan Occellated Turkey Chicken

Jenis Kalkun Occellated berasal dari daerah Yucatan Penisula. Ayam kalkun jenis ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, akan tetapi occellated mempunyai bulu mengkilap yang indah dan eksotis hampir mirip dengan merak.

Demikian beberapa paparan mengenai jenis-jenis ayam kalkun. Semoga artikel ini menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai ayam kalkun.
0 Komentar untuk "Jenis Ayam Kalkun"

Back To Top