7 Kelebihan Ternak Ayam Kampung Super (Joper)

Salam Budidaya Ternak. Ayam Jowo suPer (joper) merupakan ayam kampung super yang dihasilkan dari persilangan ayam kampung jantan atau ayam bangkok jantan dengan ayam petelur betina. Bibit yang digunakan untuk menghasilkan jawa super sendiri merupakan ayam kampung dengan kualitas unggul, pemilihan pejantan dari ayam bangkok biasanya dikarenakan ayam bangkok memiliki karakteristik fisik yang tinggi dan besar, sedangkan bibit betinanya berasal dari ayam ras petelur.


Sukses Budiaya Ayam Joper Jawa Super

Dari persilangan ini tentunya ayam jawa super memiliki kualitas dan kelebihan yang banyak dibanding dengan ayam kampung biasa. Berikut kelebihan-kelebihan ayam jawa super.

1. Laju pertumbuhan badan
Ayam jawa super cenderung memiliki laju pertumbuhan badan yang relatif cepat dibandingkan dengan ayam kampung. Rata-rata pada umur 45 hari berat badan ayam jawa super dapat mencapai 6-8 ons. Hal ini tentunya membuat kita dapat menghemat waktu panen.

2. Ukuran badan
Laju pertumbuhan badan yang cepat juga membuat ukuran berat badan ayam jawa super (joper) menjadi lebih unggul dibandingkan dengan ayam kampung atau ayam broiler seumurannya. Pada usia dua bulan ayam jawa super bisa memiliki berat badan hingga 1,5 kg hingga 2 kg lebih.

Budidaya Ayam Kampung Super

3. Masa panen
Masa panen ayam jawa super (joper) juga cenderung lebih cepat, pada umur 2-3 bulan ayam jawa super sudah bisa dipanen, dibanding dengan ayam kampung yang memerlukan waktu selama 4  bulan.

4. Rasa daging
Rasa daging ayam jawa super (joper) tak kalah enak dan gurih jika dibandingkan dengan ayam kampung. Selain itu, meskipun memiliki ukuran yang cukup gemuk, ayam jawa super memiliki lemak yang lebih sedikit dibandingkan dengan ayam broiler.

5. Telur
Pada usia daiatas 4 bulan ayam jawa super (joper) dapat bertelur setiap hari meskipun tidak ada pejantannya. Telur yang dihasilkan pun cenderung lebih besar daropada telur ayam kampung biasa, dalam 1 kg dapat berisi 14-16 telur. Sedangkan dari sisi harganya hampir sama dengan ayam negeri.

Doc ayam kampung super
Doc Ayam Joper

6. Daya tahan tubuh
Dari hasil persilangan bibit unggul ini tentunya ayam jawa super memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik terhadap penyakit dan cuaca daripada ayam negeri.

7. Pakan
Dibandingkan dengan ayam negeri (horn), pakan ayam jawa cenderung lebih mudah dan murah, karena pakan ayam jawa super dapat berasal dari campuran limbah dapur.

Nah, beberapa kelebihan ayam jawa super diatas tentunya dapat menjadi bahan pertimbangan kita jika akan mulai belajar berternak / membudidayakan ayam jawa super. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Kelebihan Ternak Ayam Kampung Super (Joper)"

Post a Comment