Mengenal Ayam Dong Tao, Ayam Kaki Naga

Ayam dong tao, merupakan salah satu unggas endemik yang berasal dari Distrik Khaoi Chau, Vietnam. Ayam ini dikenal sebagai simbol Negara  Vietnam, maka tak jarang bila ayam ini selalu ada pada saat perayaan  adat di Vietnam. Selain itu, menurut legenda ayam ini memiliki kualitas yang ada pada pria kuat yang menguasai bela diri, kakuatan fisik dan kesetiaan.

Ayam dong tao betina umumnya memiliki bulu berwarna putih, sedangkan ayam dong tao jantan bulunya berwarna-warni. Unggas ini termasuk salah satu yang cukup unik, ayam ini memiliki tubuh yang besar dan kaki yang sepintas seperti terserang penyakit kaki gajah yang ditutupi oleh sisik berwarna kemerahan, oleh sebab kaki besarnya ayam dong tao pun memiliki julukan ayam kaki naga. Berat ayam dong tao pada saat dewasa bisa mencapai 5-6 kg dengan pergelangan kaki yang tebalnya hampir menyerupai pergelangan tangan manusia.

Ayam Dong Tao Kaki Gajah
Anak Ayam Dong Tao
Ayam ini juga termasuk salah satu unggas yang sulit untuk dikembangbiakkan sehingga sulit pula memperpanjang keturunan. Telur yang dihasilkan ayam dong tao juga relatif lebih sedikit dari ayam pada umumnya. Ceker ayam yang besar membuat ayam kaki naga ini sulit untuk mengerami telur, sehingga kesuksesan proses penetasan harus dibantu oleh peternak. Setelah menetas, ayam dong tao baru bisa dijual dan dikonsumsi setelah umur 8 sampai 12 bulan dengan berat badan 3 hingga 5 kg. Kelemahan ayam ini juga terletak pada fisiknya yang sangat sensitif pada perubahan cuaca.

Pada zaman dahulu, ayam ini hanya dikembangbiakan secara eksklusif untuk konsumsi keluarga kerajaan, namun seiring berkembangnya zaman, ayam dong tao sudah merambah ke restoran-restoran mewah di kota-kota besar Vietnam. Namun siapa sangka, ayam yang tergolong sulit dikembangkan ini ternyata sangat sebanding dengan harga jualnya, ayam dong tao dewasa bisa mencapai 2500 dolar atau sekitar 33 juta rupiah. Harga tersebut bisa terus meningkat saat Tahun baru Vietnam. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Ayam Dong Tao, Ayam Kaki Naga"

Post a Comment