5 Jenis Burung Kutilang Kicau Merdu

Burung kutilang merupakan burung dari suku pynonotidae. Di berbagai daerah burung ini memiliki berbagai julukan yang berbeda, di daerah sunda orang menyebutnya cangkurileung sedangkan di Jawa disebut ketilang atau genthilang. Makannan utama burung kutilang yaitu buah-buahan yang lunak dan serangga kecil. Burung yang memiliki panjang tubuh sekitar 17-20 cm ini banyak dipelihara karena suaranya yang khas. Namun tahukah anda, burung yang tersebar luas di Tiongkok Selatan dan Asia Tenggara memiliki banyak jenis? Berikut ulasan mengenai jenis burung kutilang.

Burung Kutilang biasa

Salah satu burung kicau yang paling banyak dipelihara di Indonesia yaitu burung kutilang biasa atau disebut kutilang saja tanpa embel-embel. Sisi atas tubuh burung kutilang biasa berwarna coklat kelabu, sedangkan sisi bawah berwarna putih keabu-abuan. Bagian atas kepala dari dahi, topi dan jambul berwarna hitam dengan penutup pantat berwarna jingga. Harga burung kutilang ini berkisar 40.000-100.000 rupiah perekor.


Burung Kutilang

Jenis burung kutilang emas biasa pula disebut dengan cucak kuning. burung kutilang emas memiliki warna mata merah dan putih. Namun warna merah biasanya lebih populer dan disukai para pecinta burung. Sisi bagian atas tubuh berwarna hijau zaitun sedangkan bagian bawah berwarna kuning terang. Paruh serta kaki berwarna hitam. Sedangkan pada baogan sayap didominasi warna merah kehijauan. Harga burung kutilang emas sendiri berkisar pada angka 60.000 hingga 200.000 rupiah perekor.

Burung Kutilang

Burung kutilang sutera biasa dikenal denga nama cep-cep atau cucak kurincang. Jenis burung kutilang ini merupakan salah satu burung favorit untuk dipelihara. Tubuhnya didominasi warna kuning dengan kepala berwarna hitam mengkilap. Tubuh bagian atas berwarna kuning zaitun, bagian bawah berwarna kuning kehijauan. Iris berwarna biru, paruh dan ekor berwarna hitam sedangkan kaki berwarna coklat. Dipasaran burung ini dihargai sekitar 40.000 hingga 200.000 perekor.


  • ·         Burung kutilang trucukan
 Burung Kutilang

Jenis burung kutilang selanjutnya yaitu kutilang turucukan. Kutilang jenis ini banyak dicari untuk dijadikan masteran burung kicau lain. Secara fisik burung kutilang trucukan mirip dengan burung kutilang biasa. Burung kutilang trucukan jantan cenderung memiliki suara gacor yang lebih indah daripada betina. Burung kutlang jenis ini juga merupakan burung yang cerdas, selain mudah jinak, burung pengicau ropel ini juga memiliki kemampuan untuk menirukan suara burung lain yang senada dengannya seperti kutilang, cendet, cucak ijo dan sebagainya. Harga burung kutilang trucukan sekitar 150.000 rupiah perekor.

 Burung Kutilang

Jenis burung kutilang wilis lebih terkenal dengan sebutan burung cucak wilis, cucak gunung ataupun cucak rengganis. Burung ini merupakan jenis burung kutilang yang merupukan burung endemik di Indonesia. Habitatnya berada pada ketinggian 800-3000 mdpl hingga ke zona cantigi. Sayangnya karena kurangnya peminat terhadap burung jenis ini, populasinya un semakin meipis akibat rusaknya habitat asli, bahkan lembaga IUCN menyandangkan gelar hampir terancam pada burung cantik ini. Jenis burung kutilang wilis ini memiliki harga pada kisaran antara 50.000-300.000 rupiah perekor.

Nah, bagi anda yang ingin memelihara burung kutilang, selain cerdas, burung ini juga mudah jinak, mudah beradaptasi dengan lingkungan baru serta tahan terhadap stress. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: