5 Jenis Domba dan Kambing yang Bagus untuk Diternak

Jenis Domba yang Baik untuk Ternak di Indonesia

Selain daging sapi, ayam dan kambing, daging domba jug sangat diminati di Indonesia. Permintaan daging domba juga meningkat pesat saat Hari Raya Kurban. Domba memiliki jenis yang beragam dengan daerah penyebaran yang beragam pula. Domba akan mampu berkembang biak dengan baik jika dia mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar, namun jika tidak bisa beradaptasi, domba tidak akan bertahan lama. Beberapa jenis domba yang bisa dibudidayakan di Indonesia diantaranya yaitu domba ekor gemuk, domba ekor tipis/gembel, domba garut, domba batur, domba merino dan dombos.

  • ·         Domba ekor gemuk

jenis kambing\


Jenis domba ekor gemuk memiliki tubuh yang besar, domba jantan umumnya bisa mencapai bobot  50 kg dengan tanduk dikepalanya, sedangkan domba betina tak mempunyai tanduk dan mampu mencapai bobot hingga 40 kg. Ciri khas domba ekor gemuk terletak pada bagian ekornya yang besar dan memiliki deposit lemak yang tebal. Warna dominan domba ekor gemuk yaitu putih dengan karakter wol kasar. Domba ekor gemuk dapat ditemukan di daerah Jawa Timur termasuk Madura, Nusa Tenggara dan Sulawesi Selatan. Satu ekor harga domba ekor gemuk usia 7-9 bulan berkisar antara 1,1 juta hingga 2 juta.

  • ·         Domba gembel/ ekor tipis

jenis kambing


Domba ekor tipis/ domba gembel umumnya memiliki warna dominan putih dengan sedikit hitam di daerah mata. Domba yang merupakan domba yang merupakan domba asli Indonesia ini mampu melahirkan 2-5 anakan dalam sekali kelahiran. Biasanya domba akan disembelih pada saat bobot mencapai 20-30 kg, namun sebenarnya domba gembel jantan dapat mencapai bobot tubuh sekitar 30-35 kg dan domba betina 15-20 kg. Domba jantan memiliki tanduk melingkar sedangkan betina tidak memiliki tanduk. Jenis domba ini banyak ditemukan didaerah Jawa Barat dan Jawa Timur. Harga domba gembek dipasaran diperkirakan hingga 1,8 juta untuk domba umur 16 bulan.

  • ·         Domba garut/ priangan


domba garut

Domba garut disebut juga dengan nama domba priangan. Jenis domba ini dihasilkan melalui perkawinan silang antara domba ekor gemuk dan domba merino. Selain sebagai domba tipe pedaging keunggulan lain dari domba garut yaitu kualitas kulitnya yang paling baik dan merupakan salah satu kulit terbaik di dunia. Domba garut jantan bobotnya bisa mencapai lebih dari 60 kg, bertanduk besar melingkar kuat sehingga cocok untuk domba aduan. Sedangkan betina dapat mencapai bobot lebih dari 30 kg tanpa tanduk. Warna domba garut cukup bervariasi, mulai dari putih, hitam, coklat dan kombinasi ketiga warna tersebut. Jenis domba ini berasal dari daerha Jawa Barat khususnya daerah Priangan. Satru ekor harga domba garut jantan umur 4-6 bulan yang diperuntukan kontes  dapat mencapai 3,3 juta.

  • ·         Domba batur/ domos

domba domos

Jenis domba ini juga merupakan domba hasil persilangan, tepatnya persilangan antara domba ekor tipis/ gembel, domba suffolk d an domba texel, domba jenis ini dikembangbiakan di daerah Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Domba ini merupakan domba penghasil daging yang bai karena tubuhnya yang besar dan panjang. Kulit domba batur termasuk tipis dibanding jenis lainnya, namun memiliki bulu yang tebal, dengan warna bulu dominan putih. Baik jantan maupun betina, keduanya tidak memiliki tanduk. Kaki domba batur cenderung pendek namun kuat. Bobot badan domba jantan bisa mencapai 90-140 kg dengan tinggi 75 cm, sedangkan betina mampu mencpaia bobot 60-80 kg dengan timggi 60 cm. Harga domba batur dipasaran dibandrol sekitar 1 juta-1,7 juta untuk domba dangan tinggi 50-75 cm.

  • ·         Dombos/ domba texel Wonosobo

domba texel


Seperti namanya, dombos atau domba texel wonosobo dapat ditemukan di daerah Wonosobo, dahulu jenis domba ini sengaja didatangan dari Belanda namun tidak menemukan tempat yang cocok untuk berkembangbiak karena dombos merupakan domba yang ccok hidup di daerah pegunungan, hingga dipindahkan ke daerah Wonosobo, di daerah inilah dombos dapat berkembangbiak dengan baik. Karakteristik bulu dombos yaitu keriting halus berbentuk spiral warna putih. Dombos dapat berkembang hingga mencapai bobot 100 kg untuk jantan dan 80 kg untuk betina. Selain dimanfaatkan dagingnya dombos juga dimanfaatkan sebagai penghasil bulu wool. Harga domba jenis ini dibandrol antara 1,9 juta hingga 2,5 juta untuk domba dengan tinggi 50-75 cm.

Bagi anda yang ingin budidaya domba, itulah beberpa domba yang cocok dibudidayakan di Indonesia. Semoga bermafaat.

Subscribe to receive free email updates: